Ada banyak hal yang disukai dari Balan Wonderworld, terutama jika Anda penggemar berita game dan game kolektif yang santai. Pada dasarnya, tujuan utama Anda adalah menjelajahi berbagai level unik untuk mencari objek berkilau. Dalam hal ini, Anda akan memburu patung emas Balan – tetapi Anda hanya dapat mengantongi semuanya jika Anda mengenakan pakaian yang tepat untuk pekerjaan itu.

Game ini memungkinkan Anda memilih dari dua remaja bertangan besar, Leo Craig atau Emma Cole, yang memulai petualangan mistis ke negeri khayalan Dunia Ajaib. Dipimpin oleh maestro misterius bernama Balan, Anda akan memasuki tahapan yang mewakili emosi seseorang, yang sama anehnya dengan kedengarannya. Anda dapat mengharapkan banyak makhluk menari di seluruh.

Setelah bermain melalui beberapa babak dan babak awal permainan, jelas bahwa kita perlu mengendalikan ekspektasi kita. Jika Anda berharap melihat desain dan kecerdikan yang sama yang membantu membuat game seperti Super Mario Odyssey atau bahkan Sackboy: A Big Adventure begitu menarik, Balan Wonderworld bukan untuk Anda.

Apa yang dilakukannya, bagaimanapun, adalah bergantung pada formula yang telah dicoba dan diuji yang memberikan kenikmatan yang cukup, bahkan jika itu merugikan permainan. 

 

Waktu pertunjukan

Ada lebih dari 80 kostum berbeda untuk ditemukan di Balan Wonderworld, dan inti permainannya berkisar pada menemukan setelan yang Anda perlukan untuk mengatasi rintangan, musuh, atau mencapai area baru.

Pakaian yang akan Anda kenakan sangat menggemaskan: Anda bisa berpakaian seperti babi, yang memungkinkan Anda melakukan pound untuk meratakan pasak; seekor kanguru yang bisa meloncat-loncat untuk mencapai tepian yang tampak di luar jangkauan; atau pot bunga elastis yang aneh yang memungkinkan Anda menjulurkan tubuh sehingga Anda dapat mengambil barang di tempat tinggi. 

Meskipun kostumnya memang terlihat menarik (karakter Anda sering kali menyerupai cosplay Pokémon, yang sebenarnya bukan hal yang buruk), kemampuan yang Anda peroleh tidaklah luar biasa dengan cara apa pun. Satu pakaian melihat Anda menjadi domba yang bisa melayang di udara, sementara yang lain hanya memungkinkan Anda meledakkan bola api.

Meskipun demo hanya berisi beberapa kostum untuk dikumpulkan, dengan cepat menjadi jelas bahwa banyak kemampuan yang tumpang tindih, membuat beberapa pakaian terasa agak mubazir. Pakaian Pumpkin Puncher memungkinkan Anda melakukan serangan pukulan yang dapat menghancurkan penghalang, sedangkan kostum Dainty Dragon berarti Anda dapat menghancurkan rintangan dengan menembakkan bola api. Pada akhirnya, keduanya mencapai tujuan yang sama.

Beralih antar kostum juga merupakan urusan yang tidak praktis. Karena setiap kostum terbatas dalam apa yang dapat dilakukannya – memecahkan atau memindahkan rintangan, membantu Anda melompat lebih jauh – Anda harus beralih di antara beberapa kostum selama satu level untuk menyelesaikan tugas yang menghalangi jalan Anda. Peralihan membutuhkan waktu satu detik lebih lama dari yang seharusnya, dan jika Anda memilih pakaian yang salah secara tidak sengaja, akan merepotkan untuk menonton animasi diputar berulang kali saat Anda buru-buru mencoba memilih kostum yang Anda butuhkan.

Hormat

Mengumpulkan patung Balan akan membuka level baru, tetapi Anda juga akan menemukan topi sutra emas yang tersembunyi di sekitar tahapan permainan. Pilih satu, dan Anda akan memicu game bonus Balan’s Bout yang memungkinkan Anda mendapatkan hadiah ekstra (game yang setara dengan koin) dan patung Balan. Untuk melakukannya, Anda harus menyelesaikan acara waktu cepat visual di mana Anda menekan tombol yang sesuai tergantung pada apa yang terjadi di layar. Segmen QTE ini menjadi sangat membosankan, secepat yang Anda duga. 

Satu elemen yang sangat menyenangkan, bagaimanapun, adalah bagaimana Balan Wonderworld menggunakan pemicu adaptif pengontrol Dual Sense pada PS5. Resistensi pemicu akan berbeda tergantung pada kostum yang Anda kenakan. Misalnya, jika Anda berpakaian seperti Serigala Tornado, ada jumlah resistensi pemicu yang memuaskan saat Anda melakukan putaran; Hal yang sama bisa dikatakan saat mengepalkan tangan saat berpakaian seperti Pumpkin Puncher. Anda dapat menggunakan tombol wajah jika mau.

Kelebihan lainnya adalah game ini dapat dimainkan dengan pemain lain, membuat Balan Wonderworld menjadi judul ramah keluarga yang hebat. Sayangnya hanya ada dukungan untuk multiplayer lokal, jadi Anda tidak akan bisa bermain dengan teman secara online.

Mulut lapar untuk memberi makan

Meskipun mengumpulkan patung Balan adalah tujuan utama Anda, Anda juga akan mengambil berbagai tetes berwarna di setiap level. Ini dapat diberikan kepada Tims, yang pada dasarnya adalah anak ayam kecil yang lucu yang dapat membantu Anda dalam petualangan. Misalnya, Tim merah dapat membantu Anda menyerang musuh, sementara Tim merah muda mengendus item yang mungkin Anda lewatkan. 

Sebelum memulai setiap level, Anda memulai di Isle of Tims di mana Anda dapat memberi makan teman-teman berbulu Anda semua permata yang telah Anda kumpulkan. Ini menambah dimensi ekstra pada game yang tidak kami duga, dan meskipun cakupannya cukup terbatas di demo, kami benar-benar menikmati menonton Tim dengan bersemangat mencemooh semua permata yang kami jatuhkan.

Hands on: Ulasan Balan Wonderworld

Post navigation


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *